Jumat, 25 Mei 2012


Terbilang Otomatis di MS-Excel


Terbilang Otomatis di MS-Excel

Sebagian dari anda pasti pernah membuat dan mencetak kwitansi di MS-Excel, nah untuk membuat sebuah kuitansi sebagian dari kita biasanya akan mengetikkan jumlah terbilangnya secara manual misal jumlah Rp. 1.345.600,- akan menjadi SATU JUTA TIGA RATUS EMPAT PULUH LIMA ENAM RATUS RUPIAH.
Emang sih gak masalah jika anda mengetikkan terbilang ini secara manual, tapi bisa aja kita keliru mengetikkannya, apalagi kalau dalam satu hari itu kita membuat kwitansi lebih dari satu. Disini saya akan mencoba memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat terbilang otomatis di MS-Excel.
Yang dibutuhkan sebelum memulai tutorial singkat ini adalah Module Terbilang, setelah module ini anda dapatkan ikuti langkah – langkah singkat berikut ini:
1. Buka MS-Excel
2. Trus klik menu Tools --> Macro --> Visual Basic Editor (Tekan ALT + F11)
3. Setelah itu akan terbuka program VBA (Visual Basic for Application)
4. langkah selanjutnya adalah dengan meng-Import Module Terbilang yang anda download tadi ke program VBA dengan mengklik menu File --> Import File yang ada di program Microsoft Visual Basic.
5. Sampai disini sudah dapat dikatakan selesai prosesnya, tinggal bagaimana menggunakannya lagi.
6. Cara pemakaiannya yaitu, pada Sheet MS-Excel yang aktif ketikkan =Terbilang(KolomJumlah), maka kolom jumlah tadi akan dikonversi otomatis oleh module yang kita import tadi menjadi Terbilang dalam bentuk Huruf.
7. Untuk lebih jelasnya silahkan download contohnya DISINI
Prev MS-Excel Terbilang

Catatan:
Sebaiknya Security VBA di MS-Excel anda di jadikan ke Medium, jika tidak maka anda tidak akan berhasil menjalankan Module ini, secara otomatis MS Excel akan mematikan Macro/Module yang sudah kita import tadi. Untuk mengganti Level Security ini klik menu (Office 2003) Tools --> Macro --> Security, kemudian pilih Tab Security Level, centang Option Medium kemudian klik OK. Selanjutnya jika anda membuka file MS-Excel yang sudah memiliki Module Terbilang tadi jika muncul form seperti dibawah ini klik aja tombol Enabled Macro
Security Level VBA

Selamat mencoba 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar